Setelah Sebelas Tahun Berlalu

Banyak yang bisa terjadi dalam satu jam, satu minggu, satu tahun, apalagi… sebelas tahun.

Obama menjadi presiden Amerika Serikat. Michael Jackson meninggal di usia 50. Tsunami besar melanda Jepang. Pangeran William dan Kate Middleton menikah. Si jenius Steve Jobs wafat. Lahirnya Facebook, Twitter—dua jejaring media sosial yang paling kuat sampai saat ini. Joko Widodo menang Pilpres—dan deretan peristiwa lainnya.

Dalam kehidupan personal, tidak kalah banyaknya. Berganti tempat pekerjaan dua kali. Belajar membuka usaha sendiri, walau gagal karena tidak paham bisnis. Memutuskan resign dan membuat usaha media sendiri. Menjalani operasi besar. Putus dengan pacar lama. Bertemu pacar baru. Memutuskan settle down. Menikah. Memutuskan membuat usaha lagi. Jatuh-bangun sebelum akhirnya pecah kongsi, dan tentu saja kembali dipertemukan dengan sahabat dekat untuk mendirikan usaha penerbitan Kanakata Creative Services yang kami jalankan sampai sekarang.

Cover pertama banget, dikerjakan oleh sahabat saya Zeki Siregar.

 

Ketawa grogi ditanya-tanya Dave Hendrik, namanya juga pertama kali launching buku hehehe…

Perjalanan waktu yang tidak sebentar juga dialami oleh buku pertama saya, Soulmate.com yang lahir di bulan Maret 2006. Buku pertama yang mengenalkan saya akan dunia penerbitan—dan banyak kesempatan lainnya. Lahirnya novel pertama yang lumayan sukses ternyata tidak diiringi oleh produktivitas menghasilkan novel yang mumpuni. Walaupun in my defense, saya berpendapat bahwa kita memahami arti kata produktivitas dengan cara yang berbeda. Setidaknya karier saya berjalan dengan sangat baik rentang waktu tujuh tahun setelah novel tersebut—dan berturut-turut bagai mendapat curahan ide dari langit, saya mengeluarkan beberapa buku, Skenario Remang-Remang (2013), Galila (2014), Javier (2015), Work It, Girl! (2015) dan beberapa buku kolaborasi lainnya berupa adaptasi film, kumpulan cerpen dan fabel.

Tur buku pertama: Bandung!

Sekali lagi saya percaya bahwa tidak ada karya yang lahir dengan kekuatannya sendiri. Ada tangan-tangan cekatan yang membuatnya lahir, besar, bertahan bahkan sampai cetak ulang berkali-kali. Tepat di usianya yang ke-11 tahun, di tahun 2017, penerbit saya Gramedia Pustaka Utama memutuskan untuk menerbitkan kembali Soulmate.Com cetakan ke-8 novel ini dengan desain cover baru. Terimakasih atas kepercayaan dan dukungan teman-teman semua!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *